24 April 2013

cinta : kata yang tak terdefinisi

saya gak tau betapa banyak definisi atau penjabaran tentang cinta, tentang lika-liku kepengasihannya. saya membaca sedikit buku tentang cinta dan menemukan kepengertian seperti ini.
"Cinta membuat raja menjadi hamba sahaya" dan "siapa yang mendefinisikan cinta sesungguhnya tak pernah meneguknya".


yang pertama, cinta membuat raja menjadi hamba sahaya. sebesar itukah kekuatan cinta sehingga melumpuhkan sendi-sendi seorang raja sehingga ia rela menghambakan dirinya pada orang yang dicintainya. tapi saya berpikir, serela itukah seorang raja menjadi hamba sahaya demi cinta?. mungkin raja ini merasa dirinya tak menjadi hamba sahaya atau dengan kata lain di sudut pandangnya ia merasa tidak seperti seorang hamba melainkan di sudut pandang kita lah dia yang menjadi hamba. jadi raja tidak merasa apapun.

yang kedua, siapa yang mendefinisikan cinta sesungguhnya tak pernah meneguknya. Saya kira ini adalah pernyataan perasaan dengan logika berpikir yang luar biasa, karena bagi saya cinta itu tak terdefinisi, siapapun yang mendefinisikan cinta sesungguhnya dia tak pernah merasakan cinta. Karena begini, gimana sampeyan bisa mencintai orang yang pernah sampeyan benci? saya pernah seperti itu atau bahkan membenci orang yang pernah sampeyan cintai. cinta itu tanpa alasan gak peduli dia cantik,jelek,ganteng ,kaya,miskin atau apalah, kalau sudah cinta ya mau diapakan lagi? wong cinta kok.

pesan saya cuma sedikit, cinta itu tak perlu alasan tak perlu pembuktian. cukup jatuh cinta sajalah tanpa susah payah membuktikan karena cinta ya cinta nikmati saja kemana ia datang dan pergi.

1 komentar: